Perjalanan ke Raja Ampat – Papua Barat

by acephidayat

Alhamdulilah tahun lalu , saya berkesempatan untuk menjejakkan kaki di kepulauan Raja Ampat – Papua Barat. Perjalanan yang gratis dan bahkan dibayar , kebetulan ada pekerjaan liputan training PT.  Pertamina Sorong.  Mendengar Raja Ampat terbayang, Sebuah destinasi kepulauan yang sangat indah di Ujung negeri ini. Sebelumnya hanya melihat Raja Ampat melalui televisi. Melihat deretan-deretan pulau yang bergugus-gugus dan mendengar host yang begitu antusias menceritakan kepulauan tersebut.

Apa yang menarik dari Kepulauan Raja Ampat dan apa yang membedakannya dengan kepulauan-kepulauan lainnya semisal kepulauan seribu ( yah jauhlah untuk dibandingkan ) . Kepulauan Raja Ampat adalah syurga dari spesies biodata laut , di kepulauan tersebut lebih dari 3,000 biota laut ada disana. Menjadi daya tarik bagi pencinta diving (menyelam) , karena mereka akan melihat secara langsung keindahan ciptaan Allah langsung dari habitatnya yang tidak ditemukan di dalam lautan tempat lain.

Raja Ampat itu bukan hanya 1 pulau, tetapi merupakan kepulauan . Beberapa pulau tersebut ada yang milik swasta dan ada yang dikelola oleh pemerintah. Di sana ada pulau Waisai, pulau Waiwo, pulau Waigeo dan lain-lain.

Pulau yang menjadi destinasi saya yakni pulau Waiwo. Bersama Nadine Chandrawinata saya menikmati keindahan pulau tersebut ( hehehe kebutulan saja Nadine menginap dan menikmati wisata diving di tempat itu ). Disana saya mencoba untuk snorkeling , luar biasa di tepian darmaga saja bila kita menjetikkan jari-jari kita di air seakan ingin member imereka makan, ikan-ikan tersebut jumlahnya tak hanya puluhan namun ratusan menghampiri kita. Hewan-hewan laut yang sulit untuk ditemui ditepian pantai akan mudah kita temukan. Indah dan benar-benar indah, air lautnya jernih dan pemandangan alamnya yang masih “ perawan “ belum banyak dijamah manusia membuat kita terkagum –kagum.

Kesimpulan saya, Indonesia memang Indah, terutama Indonesia timur. Pantaslah kita bangga dan bersyukur atas kenikmatan yang Allah berikan tersebut.